Belajar Apa Aja di Jurusan Ilmu Perpustakaan?

 


Halo Sobat Dunia!

    Udah tau belum kalo ada jurusan Ilmu Perpustakaan di perkuliahan? Pernah mikir gak sih, di jurusan Ilmu Perpustakaan ngapain aja ya? 

    Sebagai seorang mahasiswa Ilmu Perpustakaan, aku sering banget loh dapat pertanyaan seperti itu! Nah, di sini aku mau berbagi insight tentang ilmu-ilmu apa saja yang aku pelajari selama berkuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan.

1. Tata Kelola dan Manajemen Informasi Perpustakaan

    Sesuai dengan namanya, yaitu Ilmu Perpustakaan, mahasiswa yang mengambil program studi ini tentu akan fokus belajar mengenai perpustakaan. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan diharapkan mampu memimpin suatu Perpustakaan sesuai dengan Sistem Manajemen Perpustakaan yang berlaku. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan juga diharapkan memahami Tata Kelola Perpustakaan supaya perpustakaan yang dikelolanya berjalan dengan sistematis. Dimulai dari tahapan Pengembangan Koleksi, Preservasi Koleksi, Layanan Pemustaka, hingga Literasi Informasi yang termasuk di dalamnya terdapat Metode Pencarian Informasi dan Layanan Rujukan.

2. Digital Marketing

    Bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan, mempelajari Digital Marketing itu penting banget, loh. Saat ini, perpustakaan nggak cuma soal buku dan rak aja, tapi juga soal online, promosi, dan menarik perhatian masyarakat. Nah, dengan belajar Digital Marketing, mahasiswa Ilmu Perpustakaan bisa menggabungkan keahlian mereka dalam menyusun informasi dengan cara-cara baru untuk mempromosikan koleksi perpustakaan secara online. Tidak hanya itu, mereka juga bisa memahami tren digital untuk menjangkau audiens lebih luas, membuat strategi promosi yang keren dan lebih relevan di era digital. Jadi, tidak hanya mahir di dalam perpustakaan aja, tetapi juga bisa membuat perpustakaan mereka dikenal di dunia maya.

3. Sistem Komputer, Jaringan, dan Pemrograman

    Eits, walaupun jadi mahasiswa Ilmu Perpustakaan, nggak ada salahnya loh untuk belajar mengenai Sistem Komputer, Jaringan, dan Pemrograman ini. Memahami bagian teknis ini bisa bikin kita jadi pakar yang lebih all-around, serta mengetahui bagaimana cara mengelola sistem informasi di perpustakaan dengan lebih efisien.
Dengan memahami tentang Sistem Komputer, membuat kita mengerti cara kerja komputer, seperti hardware, software, dan cara mereka berkomunikasi. Kemudian, mempelajari jaringan juga penting banget buat koneksinya. Jadi kita bisa mengatur sambungan informasi antarkomputer.
Terus, belajar Pemrograman? Dijamin bikin kita bisa ngotak-atik, mengembangkan aplikasi atau website khusus untuk perpustakaan, dan mungkin nanti bisa membuat sistem manajemen yang super canggih! Jadi, dengan ilmu ini, kita bisa lebih mantap menggybakan teknologi yang jadi tulang punggung perpustakaan modern deh!

4. Desain Infrastruktur

    Mahasiswa Ilmu Perpustakaan perlu mengerti desain infrastruktur karena hal itu berpengaruh pada jumlah pengunjung dan ketahanan koleksinya. Ketika mereka paham bagaimana merancang sistem penyimpanan, pengelolaan koleksi, teknologi informasi, dan layout ruangannya, mereka bisa membuat perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan efisien untuk pemustaka yang mencari, mengakses, dan memanfaatkan informasi perpustakaan. Jadi, dengan mempelajari desain infrastruktur perpustakaan, mahasiswa Ilmu Perpustakaan bisa mengasah kemampuan mereka, tidak hanya di bidang penyimpanan informasi, tetapi juga mengatur sistem, teknologi, dan pengelolaannya secara keseluruhan.

Gimana? Udah mulai mendapat pandangan tentang jurusan Ilmu Perpustakaan belum nih? Kalau masih belum juga, join jurusannya aja yuk biar makin paham! 

Komentar

  1. ilmu perpus emg keren bgtt, satu dapet semua🤩

    BalasHapus
  2. Keren yaa jurusan ipi bisa pelajari itu semua

    BalasHapus
  3. Bangga jadi anak ilmu perpustakaan, jadi tau lebih banyak tentang perpustakaan

    BalasHapus
  4. Jadi mau masuk perpustakaan dehh ka

    BalasHapus
  5. Banyak juga ya yg dipelajari di ilmu perpustakaan

    BalasHapus
  6. Prodi ilmu perpustakaan emang the best!!!

    BalasHapus
  7. Wah ternyata di jurusan ilmu perpustakaan bukan hanya belajar mengenai buku saja ya

    BalasHapus
  8. seruu banget ya pasti kerja dikelilingi buku buku😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bukan Sekadar Membacakan Buku, Membaca Nyaring juga Ada Triknya!

Menanam Jadi Lebih Mudah dengan Grow Kit Dru Activity!

Depok Kota Layak Anak: Sudah Layakkah? Yuk Lihat Penelitiannya!